0

Dampak Positif dan Negatif Dari Internet, dan Penjelasan Singkat Tentang Hacker dan Hacking

Posted by 201083020 on February 19, 2013 in Uncategorized |

Nama           : Dio alkahfi pramarta

NIM              : 201083020

Pemrograman berbasis web lanjut

Dampak positif maupun negatif dari intenet

Internet adalah sistem informasi global berbasis komputer. jadi, bergaul dengan internet sama juga bergaul dengan komputer. internet tidak akan ada tanpa komputer. Ibarat kapal tanpa nahkoda, kan tidak bisa jalan juga! Begitu juga dengan internet, tanpa adanya komputer kita tidak bisa mengakses internet. Untuk mengakses internet kita hanya membutuhkan seperangkat komputer, modem, dan saluran telepon. Bahkan saat ini tidak perlu mempergunakan jaringan telepon, cukup dengan menggunakan wireless internet.

Keberadaan internet memberi dampak positif internet bagi seluruh masyrakat pengguna internet termasuk remaja. Disana mereka bisa dengan cepat mendapatkan informasi, bisa mencarinya dengan menggunakan google atau dengan cara yang lain. Tetapi kebanyakan remaja menggunakan internet untuk mencari teman, chatting, kirim e-mail dan mencari tugas-tugas kuliah atau tugas sekolah. Dikalangan remaja masa kini yang lagi marak-maraknya adalah sosial media seperti facebook dan twitter. Mereka mencari teman melalui jejaring sosial tersebut dan bisa juga kirim-kirim foto atau lain sebagainya.

Dampak positif Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini disebut E-Commerce (electronic commerce). Muncunya istilah ini seiring dengan semakin berkembangnya disiplin ilmu komputer dan internet. E-com ini dapat diartikan sebagai pertukaran barang, jasa, dan atau informasi melalui medium elektronik dengan imbalan uang yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan credit card (kartu kredit). Rentang bisnis melalui internet ini mulai dari pemesanan bunga untuk orang tercinta, jual buku, langganan majalah, sampai pembayaran ribuan rupiah untuk pembelian chip processor yang akan digunakan untuk komputer.

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para pengusaha adalah membuat “homepage” yang akan berfungsi sebagai toko di internet. Melalui homepage ini ia dapat menyebarluaskan informasi mengenai perusahaan, pruduk, dan pelayanan yang di tawarkan. Manfaat dari E-com itu sendiri adalah bisa menurunkan pengeluaran tetap, karena perusahaan bisa menghemat jumlah pegawai, dengan demikian juga pengeluaran untuk gaji dan infrastruktur fisik. Dan sebaliknya, untuk konsumen E-com menawarkan kenyamanan lebih besar dan pilihan lebih banyak untuk barang dan jasa yang akan dibeli dengaan harga lebih baik.

Selain itu, dampak buruk/negatif internet  adalah timbul berbagai macam kejahatan. Diantaranya adalah pencurian uang di Bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi mereka. Dan itu semua tidak dapat diketahui pihak lain. Pembobolan Bank ini dapt merugikan negara karena jumlah yang diraut bukan hanya jutaan rupiah, melainkan trillyun rupiah. Contoh kejahatan lain adalah penipuan undian berhadiah. Dan masih banyak lagi tindak kriminal yang dilakukan melalui internet.

Contoh lain dalam hacking adalah Mencari Sistem Komputer. Pencarian sistem komputer ini dilakukan dengan mencari letak pengaksesan sistem komputer, biasanya berupa nomor telpon. Salah satu cara untuk mengatahui nomor telpon suatu sistem komputer adalah bertanya kepada pegawai-pegawai yang bekerja pada perusahaan dimana sistem komputer itu berada, bertanya pada anggota BBS, atau bertanya pada orang lain yang dapat memberikan informasi. Langkah pencarian sistem komputer ini sangatlah mudah. Secara nalar, setiap orangpun bisa mendapatkan nomor sistem komputer hanya dengan mengetahui nomor telpon perusahaan yang sudah ada. Pencarian nomor telpon ini bisa dilakukan juga dengan menggunakan komputer yang secara otomatis akan mencari semua sistem pada suatu wilayah telpon, yaitu dengan menjalankan program tertentu, Contohnya adalah Cat-Hacker dan Omni-Hacker.

Satu lagi yang bisa dilakukan hacker adalah Memecahkan Password. Ada beberapa teknik yang digunakan hacker untuk memecahkan password, diantaranya dilakukan dengan “coba-coba”. Metode coba-coba ini tentunya jarang sekali berhasil. Pada umumnya hacker berhasil mendapatkan password karena eksperimen dan jebakan-jebakan, program tertentu, atau bahkan bantuan dari sysop (System Operator) sendiri. Seorang hacker juga mungkin mendapatkan password karena diberitahu oleh hecker lainnya (BBS). Beberapa metode yang sering digunakan oleh hecker dalam mendapatkan password :

Default Agar komputer dapat berinteraksi dengan manusi secara efisien maka dibutuhkan Sistem Operasi (Operating System). Sistem Operasi ini akan bertambah kompleks jika kemampuan dari hardware komputer itu semakin canggih. Kekompleksan dari sistem operasi mengakibatkan semakin beratnya tanggung jawab seorang sysop (system operator) yang harus menangani raturan atribut-atribut atau sifat-sifat didalam komputer. Oleh karena banyaknya hal-hal yang harus dikerjakan oleh Sysop, pendisain komputer memutuskan untuk memasang DEFAULT didalam sistem operasi komputer.

Program Hack-hack. Program hack-hack merupakan salah satu teknik yang sering digunakan hacker dalam mendapatkan akses. Dalam metode ini dapat dilakukan dengan melihat hasil kertas output dipusat-pusat komputer yang sering dibuang begitu saja. Langkah berikutnya adalah menulis program pendek yang secara terus-menerus akan mencoba berbagai kombinasi password secara berurutan.

Alamat Memori
Salah satu fungsi dari unit CPU adalah sebagai address decoder (pengolah alamat memori) dan manajemen memori yang bertugas membagi memori menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Bagian-bagian yang lebih kecil ini, lebih sering disebut dengan sel memori, oleh unit CPU diberi alamat tertentu. Bagi serorang programmer, alamat ini hanyalah berupa angka-angka yang biasanya berupa bilangan hexadecimal. Ada beberapa sistem operasi memberikan fasilitas kepada pemakai untuk secara langsung melihat dan menulis ke dalam memori. Tentu saja jika seseorang mengetahui cara membaca isi memori tersebut jika ia dengan mudah dapat memberi perintah ataupun mengatur jalannnya komputer.

Menaikkan Privilage
Komputer-komputer besar seperti komputer mini, supermini dan mainframe terdapat kemampuan akan multiuser. Tingkat kekuatan account pemakai dalam menggunakan komputer tidak harus selalu sama satu sama lain.Seandainya hacker telah mendapat account didalam komputer, dan seandainya juga sysop belum mengadakan perubahan-perubahan didalam sistem maka untuk mendapatkan privilage penuuh (ALL) seorang hacker dapat melakukannya hanya dengan menulis :$set process/privs=allTetapi jika perintah diatas tidak dapat dilakukan atau sistem menolak melakukannya karena tidak cukup privilage, maka berarti sysop telah mengadakan perubahan-perubahan terhadap default. Untuk mendapatkan privilage yang lebih tinggi hacker mempunyai beberapa metode :

  •   Program Decoy
  •   Trojan Horse

 

 

 

Sumber Artikel :

http://51917s.wordpress.com/2009/10/29/dampak-negatif-dan-positif-internet-bagi-masyarakatartikel-berkaitan-tentang-komunikasi-juga/

 

http://sonysaww.blogspot.com/2012/07/contoh-salah-satu-kejahatan.html

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2012-2014 Dio Alkahfi Pramarta_201083020 All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.0.3, from BuyNowShop.com.